Selasa, 07 Juni 2011

engineer's log book

Anda seorang engineer? jika anda seorang engineer maka anda harus tahu ini.

pernahkah anda mendengar tentang sertifikasi Insinyur? Ketika seorang engineer menamatkan kuliahnya maka dia masih belum dapat disebut seorang Insinyur. Engineer yang menamatkan kuliahnya disebut sarjana. Seorang insinyur atau engineer bukan hanya menamatkan studinya saja, tapi juga harus mengambil tes untuk mendapatkan sertifikat bahwa dia seorang Insinyur. Seorang insinyur profesional memiliki sertifikat insinyur yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Profesi (kalo ga salah) cuman untuk mengambil tesnya bisa di perkumpulan yang biasanya mengadakan tes untuk sertifikasi Insinyur misalnya PII (Persatuan Insinyur Indonesia). Syarat-syarat seorang insinyur mendapatkan sertifikatnya, dia harus berpengalaman kerja dan yang pasti dia harus menyimpan dan terus mengupdate log booknya. Log book seorang Insinyur hampir sama dengan log book seorang dokter. Disana sorang Insinyur harus menulis apa saja yang telah ia kerjakan atau keputusan insinyur apa saja yang telah ia tetapkan.

Tentu tidak cuman dengan menyimpan log book dan berpengalaman kerja beberapa tahun lantas layak mendapatkan sertifikat Insinyur, untuk mendapatkan nya seorang Insinyur harus mengerti kode etik dan Etika nya, mempunyai keterampilan pekerjaan insinyur yang kuat, mampu dalam perencanaan dan perancangan keinsinyuran,  dan juga mampu dalam pengelolaan dan komunikasi pekerjaan keinsinyuran. Keempatnya merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki seorang Insinyur untuk mendapatkan sertifikatnya.

Sertifikat Insinyur untuk apa sih? Mungkin di Indonesia ini sertfikat Insinyur profesional tidak terlalu berpengaruh pada perusahaan dalam negeri, namun pada perusahaan di luar negeri sertifikat Insinyur Professional ini sangat berpengaruh sekali bagi engineer yang ingin mencoba tantangan GO INTERNATIONAL. Dengan mempunyai sertifikat Insinyur professional, seorang engineer akan lebih dipandang di luar negeri karena dengan mempunyai sertifikat insinyur professional berarti dia telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi sebagai seorang engineer yang professional. Jadi, jika anda seorang engineer dan jika anda kebetulan ingin menjajal karier di luar negeri sangat saya sarankan anda untuk mempunyai sertifikat Insinyur Profesional untuk lebih memudahkan jalan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar